Selasa, 19 Juli 2016

Contoh Autobiografi



AUTOBIOGRAFI
1. Latar Belakang Keluarga
Nama saya Superyadi lebih sering dipanggil Super. Saya lahir di desa Pulauan, 27 Nopember 1992. Saya merupakan anak bungsu dari tujuh bersaudara. Saya mempunyai tiga orang saudara laki-laki dan tiga orang saudara perempuan, lima dari enam saudara saya semuanya sudah menikah hanya tinggal satu kakak saya yang belum menikah yang bernama Mukmin yang sekarang merupakan tulang punggung keluarga. Ayah saya bernama Idris dulu bekerja sebagai petani karet namun seiring bertambahnya umur dan kesehatannya menurun sekarang ayah saya sudah tidak bekerja lagi.
2. Latar belakang Pendidikan
Ketika berusia 7 tahun saya langsung disekolahkan di SDN 1 Pulauan karena pada waktu itu belum ada TK ditempat tinggal saya. Setelah menginjak umur 13 tahun saya melanjutkan sekolah di SLTP Negeri 4 Pampangan hingga lulus dengan peringkat 10 besar di sekolah, namun pendidikan saya sempat terhenti selama  tiga tahun karena kendala biaya sehingga saya harus ikut orang tua merantau ke pulau Bangka dan tahun 2009 berkat kemurahan hati sala satu kerabat ayah, saya dibiayai untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang menengah atas, mencoba tes di SMK PP Negeri Sembawa dan akhirnya saya diterima, selama sekolah di SMK PP Negeri Sembawa saya selalu mendapat beasiswa Super Semar hingga lulus pada tahun 2012. Melalui sekolah saya mendaftarkan diri di Universitas Sriwijaya melalui jalur SNMPTN Undangan dengan berharap beasiswa Bidikmisi dan akhirnya diterima di program studi Budidaya Perairan Fakultas Pertanian dan saya dapat kuliah dengan bantuan beasiswa Bidikmisi. Sekarang saya sedang berjuang untuk menyelesaikan tugas akhir.
3. Latar Belakang Prestasi
Saat SLTP Saya selalu masuk 5 besar dikelas bahkan 3 besar. Menginjak masa SMA saya terpilih sebagai pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) ditingkat kabupaten dan merupakan sala satu diantara 3 orang yang mewakili sekolah. Saya juga termasuk pengurus OSIS SMK PP Negeri Sembawa menjabat sebagai koordinator ekstrakulikuler Paskibra. Pada bidang olah raga saya pernah menjadi juara 2 pada lomba Basket dan Sepak Bola. Di Universitas Sriwijaya saya aktif diorganisasi kemahasiswaan, di tingkat jurusan saya pernah  dua kali menjadi kepala dinas, ditingkat fakultas saya pernah menjadi gubernur mahasiswa setelah ditetapkan sebagai pemenang pada pemilihan umum mahasiswa fakultas dan sebelumnya saya menjabat dua kali sebagai kepada departemen, ditingkat universitas sekarang saya menjabat sebagai kepala bidang promosi di UKM Yong Entrepreneur Sriwijaya dan di tataran nasional saya pernah menjadi staff presidium nasional IV Ikatan BEM Pertanian Indonesia (IBEMPI) yang membidangi masalah propaganda isu pertanian. Diforum-forum nasionalpun saya selalu aktif memberikan pendapat, kritik serta solusi sala satu contoh pada saat konferensi mahasiswa pertanian Indonesia di UGM saat diskusi bersama menteri Agraria dan Tata Ruang bapak Ferry Mursidan Baldan mengenai alih fungsi lahan pertanian di Kulonprogo. Di bidang karya tulis ilmiah saya pernah membuat beberapa karya ilmiah dan diikutkan pada beberapa lomba baik tingkat regional maupun nasional. Di bidang kewirausahaan saya mempunyai beberapa usaha dan sala satu yang masih survive adalah usaha MACAN UNSRI: Marchendise Creatif Anak Unsri (Souvenir Khas Unsri) yang modalnya merupakan bantuan dari Unsri melalui program mahasiswa wirausaha atau yang lebih dikenal dengan PMW.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar